Pemberdayaan Masyarakat
Gempita Jawa Tengah Ikut Wujudkan Lanskap Berkelanjutan Jawa Tengah
Kamis 6 Desember 2018

Terbit pertama : 27 Februari 2018

 

Masyarakat, khususnya petani adalah pihak yang paling banyak bersentuhan langsung dengan lanskap Jawa Tengah, melalui pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam. Dalam rangka meningkatkan keterlibatan mereka dalam pengembangan lanskap berkelanjutan Jawa Tengah, Business Watch Indonesia melibatkan berbagai pihak yang erat kerjanya dengan masyarakat. Salah satunya adalah Gempita

 

Gempita atau Gerakan Pemuda Tani Indonesia, adalah sebuah gerakan yang digagas oleh Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, untuk mendorong peran pemuda dalam sektor pertanian. Gempita merupakan pelembagaan komitmen negara untuk memberdayakan pemuda dan merawat identitas nusantara sebagai bangsa agraris. Sebagai gerakan yang memperoleh mandat langsung dari Kementerian Pertanian, Gempita memiliki visi untuk mewujudkan kemandirian pangan nasional. Visi ini dicapai akan melalui beberapa pendekatan, termasuk melalui regenerasi petani, perluasan areal tanam, dan pemberdayaan sumber daya manusia untuk penguatan pertanian berkelanjutan.

 

Dilandasi oleh visi yang sejalan dengan tujuan pengelolaan lanskap berkelanjutan, Gempita wilayah Jawa Tengah akan bekerja sama dengan Business Watch Indonesia untuk mewujudkan lanskap berkelanjutan Jawa Tengah. Hal ini disampaikan oleh Koordinator Gempita wilayah Jawa Tengah, Ricky Ariartha, dalam lokakarya pengembangan kawasan berkelanjutan Jawa Tengah yang diadakan pada 24-25 Februari 2018 lalu di Surakarta.